Menghargai Waktu

Bismillah…

Waktu adalah uang. Waktu adalah pedang. Waktu adalah Ilmu. Demikian beberapa ungkapan yang menggambarkan betapa pentingnya menghargai waktu.

Time is money atau waktu adalah uang pertamakali di perkenalkan oleh Ben Franklin pada pertengahan tahun 1970-an.

Secara tidak langsung, ungkapan itu diarahkan untuk tujuan penghematan uang dan disiplin waktu, serta memanfaatkan waktu untuk mencapai target yang bisa disebut sebagai “kekayaan”. 

Sedikit saja menyia-nyiakan waktu maka uang itu akan hilang. Begitu kira-kira pengertian dari ungkapan tersebut.

Ungkapan tersebut tentunya melahirkan pro kontra.

Karena kalau dibandingkan uang dan waktu adalah dua elemen yang berbeda.

Ada yang menyebutkan kalau uang bisa saja kita cari lagi kalau habis, sedangkan waktu tidak bisa terulang.

Bicara mengenai waktu, disisi lain esensi menghargai waktu juga menjadi salah satu mengapa sebagian orang lebih suka bekerja remote, salah satunya kami di KIRIM.EMAIL.

Waktu menurut kami bukan hanya soal uang, tapi soal produktifitas.

Bekerja remote adalah salah satu cara bekerja dimana kami bisa mengerjakan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan secara baik (efektif, efisien dan baik).

Darisini juga menjadi alasan mengapa kami di KIRIM.EMAIL jarang atau bahkan tidak meeting sama sekali kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak.

Analoginya adalah jika Anda kumpulkan 10 orang dari tim Anda dengan divisi atau kerjaan berbeda, 1 jam Anda habiskan untuk meeting sama dengan kehilangan 10 jam waktu produktif untuk bisnis Anda.

Alasan lain mengapa bekerja remote sama dengan menghargai waktu adalah dengan menghemat perjalanan menuju tempat bekerja.

Megapa perjalanan ke tempat kerja ini seolah penting?

Alasan ini di ungkapkan oleh salah satu peserta Kelas Remote Batch 1 Agan Khalid, pada gambar dibawah ini:

Kesimpulan dari yang di ungkapkan Agan Khalid diatas adalah dengan menghargai waktu kita juga bisa menghargai orang lain.

Kalau mau join channel telegramnya Agan Khalid bisa ke https://t.me/Followagankhalid

Namun jika Anda ingin mengetahui juga bagaimana cara efektif menerapkan kerja remote untuk bisnis Anda bisa ikut kelasnya di:

https://kirim.email/remoteclass/

Namun muncul lagi pertanyaan:

Kalau perusahaannya masih kecil sih mungkin efektif mas, gimana kalau perusahaannya sudah besar?

Justru perusahaan-perusahaan besar saat ini sudah mulai dalam transisi menuju remote.

Wordpress adalah salah satu contoh perusahaan besar.

Wordpress adalah platform yang digunakan di lebih dari 27% website di internet. 

Hingga saat ini Wordpress memiliki 500+ karyawan yang bekerja di 45+ kota & negara. Masih kurang efektif?

Jadi contoh kecilnya sudah ada contoh besarnya juga sudah ada.

Memang pada akhirnya kerja remote tidak selalu cocok untuk semua perkerjaan, tapi tidak semua pekerjaan harus ngantor.

Penasaran seperti apa penerapannya pada bisnis Anda? Langsung daftar kelasnya disini:

https://kirim.email/remoteclass/

Apa yang dibagikan di kelas ini tujuannya mengubah prinsip dasar bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi berkomunikasi dengan efektif, walaupun berada di kota berbeda.

Sebagai penutup saya petik kata-kata Richard branson:

Client dont come first. Employes come first. If you take care of your employes, they will take care of the clients.

Kalau dalam terjemahan tarzannya:

Pelanggan tidak datang pertama. Karyawan Anda yang datang pertama, jika Anda menjaga karyawan Anda mereka akan menjaga pelanggan Anda.

Menjaga dalam artian menjalin hubungan baik dengan tim atau karyawan Anda.

Semoga bermanfaat. Sampai ketemu dikelas!

-Dion Arfan

Komentar