Bismillah…
Transaksi.
Adalah hal yang menjadi harapan bagi kita sebagai pemilik bisnis ketika melihat setiap pengunjung datang ke bisnis kita.
Bukan hanya bisnis kecil rasa-rasanya semua bisnis juga berharap hal yang sama.
Namun pada kenyataanya tidak semua orang yang datang ke bisnis kita itu langsung melakukan transaksi.
Ada yang datang langsung keluar. Ada yang datang hanya untuk melihat-lihat saja dan tidak melakukan apapun.
Karenanya sangat penting mengelompokkan setiap pengunjung agar kita dapat membuat penawaran yang sesuai dengan perilaku mereka.
Sebelum kita bahas lebih lanjut, saya ingin membahas fakta dari data-data berikut ini yang mungkin belum Anda tahu:
- Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 yang lalu mencapai 171.18 juta orang (Data APJII rilis April 2019).
- Angka ini naik sebesar 10.12% atau 27,91 juta dari tahun sebelumnya (2017).
- Dari data diatas membuktikan bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 64.8% dari total penduduk yang mencapai 264,16 juta jiwa.
- Artinya saat ini sudah lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia menggunakan internet.
- Dan yang pasti pada tahun 2019 jumlahnya akan semakin meningkat.
Namun sayangnya pebisnis kecil di Indonesia masih sedikit yang memanfaatkan data diatas.
Kembali ke topik utama yaitu harapan terjadinya transaksi dari setiap pengunjung yang datang ke bisnis kita dan apa hubungannya dengan data diatas?.
Sayangnya berfokus pada transaksi menurut saya adalah kesalahan.
Adalah wajar ketika seorang pembeli yang datang tidak langsung membeli produk Anda terutama jika belum dikenal.
Mungkin Anda juga mengalami hal yang sama ketika ditawari sebuah produk yang namanya belum pernah Anda dengar sebelumnya.
Transaksi adalah hasil dari proses penjualan, BUKAN penyebab terjadinya transaksi, dan hasil tidak bisa Anda kendalikan.
Kita tidak bisa berfokus kepada hal yang tidak bisa kendalikan, yang bisa kita fokuskan adalah penyebabnya yaitu sesuatu yang bisa Anda kendalikan.
Salah satu penyebab terjadinya transaksi adalah leads.
Leads biasa juga disebut dengan prospek atau potential buyer atau calon pelanggan.
Pada intinya adalah seseorang yang sudah mulai tertarik dengan bisnis Anda.
Indikasinya ada banyak, seperti sudah klik link menuju website Anda, sudah mengisi alamat email dari form yang Anda berikan.
Semakin bagus leads yang Anda dapatkan maka semakin mudah untuk kita mengolahnya sampai terjadi proses transaksi.
Bagus dalam artian spesifik dan bisa Anda kendalikan, email misalnya.
Semakin banyak leads yang Anda kumpulkan maka akan semakin tinggi kemungkinan terjadinya transaksi setiap harinya pada bisnis Anda.
Namun sisi lainnya mengumpulkan banyak leads akan menguras biaya iklan Anda di awal sebelum akhirnya terjadi transaksi tersebut.
Karenanya memperkenalkan:
![]()
Google Ads Lead Generation
Sebuah kelas yang kita rilis yang berfokus membahas bagaimana mendapatkan leads dari Google Ads dengan biaya yang semurah mungkin dan juga konsisten.
Saat ini cukup banyak dari sebagian pebisnis yang terlalu berfokus ke facebook ads sampai lupa bahwa Google adalah penyedia traffic terbesar sebelum facebook.
Karakteristik pengunjungnya pun berbeda.
Di KIRIM.EMAIL kami percaya bahwa sales adalah proses yang sangat prosedural.
Itu artinya jika saat ini belum terjadi sales sesuai yang diinginkan seorang pebisnis, mungkin ada yang kurang tepat dalam prosedur salesnya. Mungkin ini juga terjadi pada bisnis Anda.
Dan setiap bisnis, mungkin bisa memiliki prosedur yang berbeda. Bahkan berbeda channel, seperti Facebook Ads dan Google Ads, bisa saja memiliki prosedur yang berbeda.
Meskipun begitu, yang namanya prosedur, itu step by step. Langkah demi langkah. Sekali Anda menemukan langkah demi langkah yang tepat, maka sales akan terjadi.
Dan lagi, namanya prosedur, itu bisa dicontoh atau dimodel.
Melalui kelas ini selama 7 hari Anda akan mempelajari sesuatu yang fokus bagaimana memodel sebuah teknik mendapatkan leads dengan harga yang mudah dan konsisten.
Daftar kelasnya disini:
https://kirim.email/galg/
Yang akan Anda pelajari dalam kelas ini adalah:
- Pengenalan Google Ads
- Strategi kata kunci
- Pengelolaan budget
- Mengukur/ tracking iklan
- Optimasi iklan Anda, dan mengambil keputusan apakah sebuah iklan akan dilanjutkan atau tidak.
- Bagaimana mengelola leads yang tepat.
- Sampai copywriting yang menghasilkan penjualan
Semua akan dibahas lebih mendalam salah satunya oleh praktisi Google Ads yang terbukti menumbuhkan bisnisnya hingga ratusan karyawan, salah satunya dengan menggunakan Google Ads.
Daftar kelasnya disini:
https://kirim.email/galg/
Sampai ketemu dikelas!
-Dion Arfan

Komentar
Posting Komentar