Ilusi Pilihan

Bismillah…

Kalau saya ditanya skill wajib apa yang wajib dimiliki oleh pebisnis online ketika memulai?

Garis bawahi ketika memulai.

Maka saya selalu menjawab seperti yang diajarkan oleh guru-guru saya, bahwa untuk diawal, belajar bisnis itu dimulai dari kanan ke kiri, atau sebutan lain dari hilir ke hulu.

Apa maksudnya dari kanan ke kiri?

Dari kanan ke kiri maksudnya adalah skill jualannya dulu (yang penting dapur ngepul), setelah itu baru beranjak perlahan ke proses bisnis yang sebenarnya.

Jadi keahlian menjual dan menutup penjualan (closing) dengan transaksi.

Ada banyak sekali pola terkait teknik closing ini agar menghasilkan transaksi atau penjualan.

Salah satu kegemaran saya dari teknik closing adalah yang biasa guru saya sebut dengan ILUSI PILIHAN.

Karena pola ini mudah, cepat dan efektif buat saya dan tidak menutup kemungkinan juga untuk Anda.

Ilusi pilihan ini adalah sebuah pola dengan memberi calon pelanggan dua pilihan atau lebih, tapi apapun jawabannya tetap mengarah ke sebuah pembelian.

Disebut “Ilusi Pilihan” karena seolah memberikan pilihan, tapi sebenarnya apapun respon yang diberikan akan berujung ke hal yang di inginkan oleh sang penanya.

Pola ini sangat berguna untuk Anda yang masih meladeni calon pelanggan secara langsung atau secara online melalui customer service.

Polanya sederhana, yaitu menggunakan kata sambung seperti “atau” diantara pilihan.

Contoh kasus yang mungkin pernah Anda alami adalah ketika ke sebuah toko Anda akan ditawarkan oleh SPG toko tersebut dengan kalimat seperti ini:

  • Selamat datang Ibu/Bapak ada yang bisa saya bantu?

Pertanyaan seperti ini beresiko untuk menerima penolakan yang tinggi, karena memberikan celah untuk calon pelanggan berkata antara ya dan tidak.

Coba bandingkan jika menggunakan pola ilusi pilihan, seperti dibawah ini:

  • Selamat datang, Ibu/Bapak ada yang bisa saya bantu? (lanjut) apakah cari pakaian untuk keperluan pesta atau kantor?
  • Ukuran yang biasa dipakai biasanya S atau M?
  • Ibu/Bapak lebih suka warna yang gelap atau agak cerah, mungkin?

Kalau diperhatikan pertanyaan diatas tidak sama sekali memberi celah untuk calon pelanggan berkata tidak.

Semua respon adalah “Ya” atau pilihan pembelian.

Mengapa pola seperti ini sangat dianjurkan sekali untuk digunakan?

Karena pada dasarnya seseorang itu senang membeli tapi tidak suka dijualin. Karenanya memberi PILIHAN lebih mewakili keinginan calon pelanggan untuk membeli.

Jadi pola apa saja yang sudah Anda gunakan selama ini? Yuk diskusi dengan membalas email ini.

____

Selain itu skill wajib yang harus dimiliki oleh pebisnis online adalah bagaimana mendatangkan traffic/ pengunjung ke bisnis Anda.

Sampai saat ini sarana apa saja yang sudah Anda gunakan untuk mendatangkan traffic/ pengunjung ke bisnis Anda?

Sudahkah menggunakan email marketing? Kelau belum silakan coba gratis KIRIM.EMAILdengan klik link dibawah ini:

https://kirim.email/

Atau, Anda juga bisa mulai dengan membuat email profesional untuk bisnis Anda dengan mencoba gratis Emailkerja.id di pada link dibawah ini:

https://emailkerja.id

Selamat mencoba!

-Dion Arfan

Komentar