Manfaatkan Kesalahan Orang Lain

Bismillah…

Baru baru ini saya baca berita tentang olahraga dan ada judul headline yang menarik sehingga mau saya bahas di email kali ini.

Headline dari beritanya seperti pada gambar dibawah ini:

Mohon aktifkan gambar di email Anda, namun jika masih tidak terbaca tulisan di headline berita ini kurang lebih seperti ini:

“Manfaatkan Kesalahan Lawan, Jonathan Christie Amankan Tiket Perempat Final”

Berita ini menjelaskan tentang kemenangan Jonathan Christie atau yang sering di sapa Jojo melawan pebulutangkis asal Denmark Vittinghus.

Judul atau headlinenya dibuat seperti ini karena ditengah wawancara “Jojo” atlit bulutangkis yang sedang naik daun di Indonesia ini berkata:

"Saya lihat dia sedikit bermain di bawah tekanan karena tadi beberapa kali banyak melakukan mati sendiri. Dia beberapa kali melakukan kesalahan sendiri,

Sebenarnya saya juga melakukan hal yang sama, tapi untungnya saya bisa mengamankan set pertama terlebih dahulu. Jadinya di set kedua lebih rileks lagi mainnya, lebih tenang lagi, dan sebaliknya Vittinghus justru yang mau lebih menekan," sambungnya.

Apa pelajarannya?

Dari yang saya pelajari bahwa didalam dunia olahraga, seringnya:

Kemenangan di satu pihak adalah hasil dari kesalahan yang dilakukan pihak lain.

Dan mungkin Anda sadari atau tidak hal ini juga sering terjadi dalam dunia bisnis.

Saat kita melakukan kesalahan tidak menutup kemungkinan kompetitor akan mengambil alih pelanggan kita.

Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian diatas adalah, minimalisir kesalahan, salah satunya dalam melayani & menjaga kedekatan dengan pembeli.

Guru saya pernah bilang:

Jika kita tidak mengurus pelanggan kita dengan baik, orang lain yang akan mengurusnya

Contoh kasus yang pernah saya lihat langsung ilustrasi diatas adalah ketika kawan saya mengajak saya ke minimarket.

Tidak jauh dari rumahnya ada satu minimarket namun kawan saya lewati begitu saja dan memilih minimarket yang sedikit lebih jauh dari minimarket pertama.

Kemudian saya tanya,

Loh kok gak kesini?

Teman saya jawab dengan sinis:

Gamau ah, disini kasirnya judes.

Reflek saya tertawa mendengar jawaban kawan saya tersebut.

___

Bayangkan jika hal tersebut terjadi di bisnis Anda, sudah datengin traffic (pengunjung) capek-capek, sudah habiskan uang untuk beriklan namun tidak terjadi pembelian.

Yang parah adalah lebih memilih kompetitor padahal yang dia lihat iklannya kita.

Untuk meminimalisir kesalahan ini adalah dengan menjalin kedekatan dengan pelanggan.

Dengan menjalin kedekatan kita bisa mendengarkan apa yang di inginkan pelanggan, dengan menjalin kedekatan pelanggan akan tanpa sungkan senantiasa memberikan feedback untuk bisnis kita agar lebih baik kedepan.

Dan salah satu cara untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan adalah dengan menggunakan email.

Dengan email paling tidak Anda bisa diskusi lebih intim karena hanya Anda dan pelanggan Anda yang tahu.

Di kelas:

Google Ads Lead Generation

Selain Anda akan belajar selama 7 hari untuk mendapatkan leads (calon pelanggan) dengan harga murah dan konsisten.

Anda akan belajar bagaimana memanfaatkan atau mengolah leads yang masuk menjadi lebih optimal untuk hasilkan penjualan dengan email marketing.

Jadi jangan sampai kesalahan Anda dimanfaatkan oleh kompetitor.

Dan jangan sampai membuat kesalahan dengan menunda ikut kelas ini sedangkan kompetitor Anda malah ikut kelas ini duluan.

Daftar langsung kelasnya disini:

https://kirim.email/galg/

Sampai ketemu dikelas!

-Dion Arfan

Komentar