Pisau Kesabaran

Bismillah…

Bagaimana cara bersaing dengan kompetitor yang menjual produk yang sama ketika bisnis kita baru mulai?

Saya cukup sering dapat pertanyaan diatas, namun terkadang saya ragu untuk menjawab dikarenakan keterbatasan ilmu saya.

Namun ternyata, ini terjadi juga pada seorang master yang saya ikuti emailnya setiap hari yaitu Ben Settle.

Untuk Anda yang menerima email dari seorang Ben Settle tentunya Anda akan tahu kalau Ben akan mengirimkan email kepada Anda 2 kali dalam sehari.

Suatu hari Ben juga mendapatkan pertanyaan yang sama persis seperti pertanyaan diatas.

Lalu apa jawaban Ben? ternyata jawabannya sangat singkat, yaitu:

Start emailing.

Every day.

Relentlessly

Kalau dalam terjemahannya kurang lebih:

Mulai kirimkan email.

Setiap hari.

Tanpa henti.

Ada sebuah kutipan menarik dari film Dark Knight Rises yang berkaitan dengan jawaban diatas, bunyinya seperti ini:

You see, it's the slow knife, the knife that takes it's time, the knife that waits years without forgetting, then slips quietly between the bones, that's the knife, that cuts deepest

Artinya dalam subtitle kurang lebih begini::

Kau tahu, seperti pisau yang perlahan menusuk, pisau yang membutuhkan waktu, pisau yang menunggu bertahun-tahun tanpa melupakan, lalu masuk secara perlahan diantara tulang-tulang, itulah pisau yang menghujam sampai dalam.

— Talia al Ghul
The Dark Knight Rises

Kembali ke pesan dari Ben Settle diatas, bayangkan jika Anda melakukannya dengan benar.

Namun dengan asumsi memang Anda memiliki penawaran atau value yang sangat bagus melalui email yang Anda kirimkan untuk target pasar.

Jika Anda kirimkan setiap hari, tanpa henti, lalu apa yang terjadi?

Kredibilitas Anda mulai terbentuk.

Orang-orang mulai mempercayai Anda.

Pebisnis lain mungkin mulai ingin bekerjasama dengan Anda.

Orang-orang mulai mau membeli produk apapun yang Anda tawarkan.

Dan seterusnya…

Ini juga yang sudah kami rasakan.

Apakah hal ini bisa terbentuk dalam semalam? 

Tentu tidak.

Sayangnya sebuah bisnis tidak berjalan seperti itu, dibutuhkan sebuah kesabaran dan konsisten untuk membentuk semua itu.

Jika Anda tetap sabar mengirimkan email dan terus konsisten memberikan value kepada target pasar Anda, maka email Anda akan menjadi pisau “Talia al Ghul” diatas.

Perlahan tapi pasti, personal brand Anda akan mulai tertanam dibenak target pasar Anda.

Anda mulai menjalin kedekatan dengan target pasar Anda.

Jika Anda memiliki produk, bisa jadi produk Anda yang selalu dibicarakan oleh target pasar Anda.

Dan “pisau” Anda perlahan menusuk diantara tulang-tulang kompetitor Anda.

Karena kompetitor tidak melakukan apa yang Anda lakukan, itulah celah yang bisa Anda manfaatkan ketika bisnis Anda baru mulai.

Sebuah pisau yang membutuhkan waktu, 

Pisau yang menunggu berbulan-bulan atau mungkin tahunan,

Itulah yang disebut dengan pisau kesabaran - “Talia al Ghul”

Jadi kapan terakhir kali Anda mengirimkan email kepada target pasar Anda?

Jika belum, Anda bisa mulai dari sekarang!

Klik link dibawah ini untuk memulai:

https://kirim.email/

Selamat ngemail!

 

Dion Arfan.

Komentar