Menggali Alasan Membeli

Bismillah…

Apa yang terjadi kalau Anda ditodong pertanyaan seperti ini:

“Kenapa saya harus beli produk Anda, kenapa bukan di penjual lain?”

Ini juga terjadi pada saya ketika ditanya kenapa orang harus memilih KIRIM.EMAIL dibanding layanan email marketing lain.

Yang terlintas dari pikiran saya adalah “manfaat”. Karena kunci dari sebuah produk adalah manfaat.

Nilai apa yang akan diberikan kepada calon pelanggan, atau jika produk Anda adalah sebuah solusi dari sebuah masalah, maka solusi apa yang coba Anda tawarkan?

Maka secara spontan saya sebutkan manfaat KIRIM.EMAIL dibanding kompetitor lain seperti:

  • Kemudahan broadcast email dengan 3 langkah mudah.
  • Membuat email autoresponder/ email berseri tanpa harus pindah halaman
  • Tutorial berbahasa Indonesia
  • Support yang berbahasa Indonesia
  • Dan masih banyak lagi

Ternyata ini manfaat saja belum cukup, saya harus bisa menyusun cerita dari manfaat tersebut.

Guru saya pernah bilang:

“Orang tidak membeli produk Anda, namun orang membeli cerita dibalik produk Anda”

Cerita yang membuat orang membayangkan manfaat apa yang benar-benar bisa mereka rasakan dalam kehidupan nyatanya sehari-hari.

Contoh kasus ketika menjual mobil dengan fasilitas 7 kursi, Anda tidak menjelaskan manfaat kursinya, namun cerita dibaliknya seperti:

"Mobil ini memberikan kelegaan, keleluasaan untuk seluruh keluarga yang ingin bertamasya bersama."

Itulah mengapa Anda tidak pernah melihat iPhone menyebutkan spesifikasi dalam iklannya.

Maka jawaban saya diatas saya rubah menjadi:

  • Dengan KIRIM.EMAIL Anda bisa Broadcast email dengan 3 langkah mudah SEHINGGA Anda bisa menghemat waktu Anda.
  • Membuat email berseri dengan Autoresponder tidak perlu pindah halaman SEHINGGA Anda bisa lebih mengalir dalam menyusun tiap email yang akan Anda kirimkan kepada calon pelanggan.
  • Dengan tutorial dan support yang berbahasa Indonesia akan jauh memudahkan Anda ketika kesulitan menggunakan KIRIM.EMAIL.

Ini merupakan "a-ha" momen buat saya, karena sangat sederhana namun terkadang dilupakan.

Selain itu ada lagi yang lebih powerful, yaitu:

Manfaat Dua Tingkat

Maksudnya apa?

Manfaat dua tingkat ini menempatkan manfaat dari manfaat sebelumnya, ini seperti bertanya “kenapa” dua kali.

Seringkali nilai yang sebenarnya dicari oleh pembeli bisa “ditembak” dengan penawaran manfaat dua tingkat ini.

Manfaat dua tingkat ini terkadang seringkali kita gunakan namun tidak kita sadari, karena banyak dari manfaat dua tingkat ini keluar dengan cara tidak sengaja.

Tujuan dari manfaat dua tingkat ini seperti menyempurnakan cerita yang kita bangun diawal.

Contoh sederhananya seperti ini:

Manfaat/ Kelebihan Produk: “Ramuan pengirit bensin.”

Cerita Manfaat: “Dengan ramuan ini yang biasanya Anda pergi ke kantor butuh bensin 3 liter bensin, sekarang hanya butuh 1 liter bensin pulang pergi.”

Cerita Manfaat Dua Tingkat: “Bayangkan berapa rupiah yang bisa Anda hemat setiap harinya?”

Dalam teknik NLP ini disebut dengan “chunking up” atau mencari nilai yang lebih tinggi dari sebuah tindakan.

Apakah boleh bertanya lebih tinggi lagi? 

Silakan saja, di beberapa kasus bahkan ada yang mencoba sampai 3-4 kali sehingga membuat cerita yang dibangun lebih relevan lagi kepada calon pembeli.
______

Berbeda dengan facebook ads yang membatasi Anda dengan 20% teks.

Menggunakan email marketing akan sangat memudahkan Anda membentuk cerita seperti diatas.

Dengan begini Anda bisa menggali lagi alasan seseorang untuk membeli produk Anda dibanding dengan kompetior.

Jadi sudahkah Anda membangun cerita dari manfaat produk Anda?

Bangun cerita Anda dan tawarkan kepada calon pelanggan Anda disini:

https://kirim.email/

Selamat mencoba!

-Dion Arfan

Komentar