Evaluasi awal bulan

Bismillah,

Alhamdulillah, bertemu dengan bulan yang baru dan semoga semangat yang baru, baik untuk saya pribadi dan juga Anda. Lalu apa nih yang baru di bisnis Anda? Produk / menu baru? Karyawan baru? Atau strategi baru?

Adalah kebiasaan sejak lama, tiap awal bulan saya biasanya melakukan evaluasi tentang apa yang telah saya lakukan di bulan sebelumnya, dibagian mana yang perlu di tingkatkan lagi atau yang bisa saya perbaiki? Baik untuk urusan bisnis, maupun urusan pribadi.

Salah satu yang saya evaluasi dari bisnis adalah jumlah pelanggan lama yang transaksi kembali satu bulan terakhir. Boleh dibilang evaluasi bagian ini mungkin agak ribet untuk Anda yang berbisnis offline, namun untuk Anda yang berbisnis online, atau Anda yang berbisnis offline tapi mencatat transaksi dan mengumpulkan database pembeli Anda, rasanya akan lebih mudah.

Kenapa jumlah pelanggan lama yang transaksi lagi dengan Anda perlu ada evaluasi? Terlepas dari bertumbuhnya bisnis Anda jika pelanggan lama kembali transaksi yang dibarengi dengan pelanggan baru juga bertambah, atau sebagai indikator bahwa produk Anda memang dibutuhkan secara konsisten, juga sebagai indikator bahwa pelayanan Anda sedang "sehat".

Sehat bagaimana? Untuk Anda yang berbisnis produk / jasa boleh dibilang kualitas produk Anda, pelayanan & kecepatan layanan Anda sedang sesuai dengan standar-nya.

Lalu jika angka pelanggan lama yang kembali kecil bagaimana? Kecuali produk Anda memang hanya bisa dimanfaatkan sekali seumur hidup / sangat jarang dibutuhkan, ada kemungkinan ada yang "salah" dengan layanan / produk Anda.

Angka idealnya berapa? Rasanya tiap bisnis ada perhitungannya masing-masing, untuk saya pribadi selain berpatokan dengan perhitungan biaya akuisisi pelanggan, untuk sederhananya dari 100% transaksi pada bulan tersebut pelanggan lama di angka 60%.

Dan lagi, patokan ini hanya berlaku jika bisnis Anda sudah berjalan di angka omset optimalnya, namun jika bisnis Anda masih baru mulai, patokan ini belum bisa Anda gunakan.

Bagaimana agar bisa tercapai angka tersebut? Selain menjaga kualitas produk & layanan, cara yang bisa ditempuh adalah menjaga interaksi antara Anda dengan pelanggan, baik via sosial media, juga melalui channel lain yang bisa langsung berkomunikasi dengan pelanggan, email salah satunya.

Gunakan KIRIM.EMAIL Sekarang

Dengan menggunakan email marketing, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan-nya untuk menjaga interaksi, tapi juga bisa digunakan membantu Facebook / Instagram untuk mencarikan bisnis Anda pelanggan baru, melalui custom audience & iklan Facebook / Instagram.

Lalu bisa apa lagi? Selain Anda dapat mengirimkan broadcast email secara berkala ke pelanggan Anda, dengan menggunakan email marketing dari KIRIM.EMAIL, Anda dapat mengedukasi pelanggan Anda seputar produk, lebih kenal dengan bisnis atau filosofi bisnis Anda, followup agar datang kembali lagi, semuanya secara otomatis.

Cukup sekali setting, dan biarkan sistem yang bekerja.

Daftar KIRIM.EMAIL Sekarang

Silakan gunakan kupon "MULAI" untuk mendapatkan diskon 10% berlangganan Aplikasi KIRIM.EMAIL, dan segera mulai menjaga pelanggan Anda agar datang lagi dan lagi ke bisnis Anda.

Jika ada pertanyaan seputar repeat order, atau ingin saya membahas lebih dalam mengenai hal ini, silakan balas email ini.

Terima kasih

~ Nuril R. Rasyid

Komentar