Bismillah…
Kemarin, kembali saya diberikan pertanyaan dari seseorang yang membalas email saya, kurang lebih begini pertanyaannya:
Mas Dion, saya sudah menggunakan KIRIM.EMAIL kurang lebih 2 minggu tapi open rate saya selalu kecil, dan penjualan tidak terlalu berdampak, kira-kira ada saran untuk saya?
Tentu kalau bicara teknis banyak sekali variable yang menyebabkan open rate email Anda kecil.
Mulai dari email sender Anda belum dikenal oleh susbcriber Anda, terlalu banyak image sehingga masuk promotion atau terlalu banyak link sehingga masuk spam.
Namun dari semua hal teknis diatas ada 2 hal yang lebih penting agar open-rate Anda bisa besar.
Ini juga berlaku bukan hanya email namun juga iklan facebook Anda.
- Subjek (Headline)
- Seberapa kenal Anda dengan subscriber Anda?
Subjek adalah faktor paling penting dari setiap penawaran, subjek adalah headline, headline yang menarik adalah faktor utama email Anda dibuka atau iklan Anda di facebook di klik orang.
Lalu subjek/ headline seperti apa yang terbaik?
Karena itulah faktor ke 2 setelah subjek adalah seberapa kenal Anda dengan subscriber Anda, karena semakin Anda mengenal subscriber Anda, calon pelanggan Anda, target market Anda atau apapun Anda menyebutnya maka akan semakin mudah untuk Anda menentukan hal terbaik apa yang harus Anda berikan.
Dengan mengenal mereka lebih spesifik Anda bisa membuat penawaran yang benar-benar mereka butuhkan.
Penawaran dengan headline yang mengangkat dari masalah mereka akan lebih meningkatkan interaksi mereka.
Beberapa waktu lalu juga saya melakukan experimen ini dari email-email yang saya kirim.
Berikut hasilnya:
Memang open-rate nya tidak 100% namun untuk email marketing angka 20% adalah angka yang cukup besar apalagi pengirimnya sekelas saya yang tulisannya tidak sebagus guru-guru bisnis saya.
Yang saya tandai merah ini adalah email yang subjeknya sangat spesifik dari masalah target market di KIRIM.EMAIL, meski open-ratenya kecil namun jumlah kliknya lebih besar dari email yang lain.
Saran dari saya jelas, kenali lagi calon pelanggan Anda, terus kirimkan email kepada mereka setiap hari.
Dari setiap email yang kita kirimkan itu juga kita belajar.
Instruktur Brazilian jiu-jitsu terkenal, Carlos Gracie Jr pernah bilang:
“There is no losing in jiujitsu. You either win or you learn.”
Dalam terjemahan tarzannya, "Tidak ada kekalahan dalam jiujitsu, yang ada adalah menang atau Anda belajar."
Begitu juga dengan email yang Anda kirim setiap hari.
Jadi sudah seberapa kenal Anda dengan calon pelanggan Anda?
Di KIRIM.EMAIL Anda bisa pelajari juga materi bagaimana agar open-rate Anda 100%dibaca semua orang.

Selain itu Anda juga akan belajar S.I.G (Strategy Inbox Gmail) dengan strategi ini Anda akan belajar juga agar email Anda masuk inbox primary.
Pelajari semua materi diatas dengan daftar disini:
https://kirim.email/
Selamat belajar.
Dion Arfan.


Komentar
Posting Komentar