Gaptek email marketing? Ini solusinya…

Bismillah…

Sampai saya tulis email ini masih cukup banyak pertanyaan yang masuk, mungkin Anda salah satunya juga.

Kira-kira bunyi pertanyaannya seperti ini:

“Aplikasinya belum sempat saya pakai mas, saya gak paham cara pakainya.”

Atau seperti ini:

“Saya gaptek mas, jadi bingung harus mulai darimana?”

Ada juga yang seperti ini:

“Tutorial di KIRIM.EMAIL kebanyakan mas, saya bingung harus mulai darimana.”

Dan pertanyaan-pertanyaan sejenis lainnya yang poin intinya adalah betapa sulitnya menggunakan email marketing.

_____

Begini…

Jika alasan Anda adalah Gaptek, sebenarnya saya sangat kurang setuju dengan ini, karena menurut saya kata “Gaptek” hanyalah sinonim dari kata malas belajar saja.

Gaptek juga seperti mental block untuk diri Anda ketika enggan mempelajari hal baru atau kalau guru saya bilang:

“Cuma ingin mudahnya saja.”

Berbeda dengan bingung yang pada dasarnya Anda merasa bingung karena Anda sudah mencoba untuk mempelajarinya.

Untuk Anda yang mungkin merasa bingung, saya masih sangat wajar sekali terutama untuk Anda yang baru pertamakali menggunakan email marketing.

Bisa jadi karena istilah-istilah dari email marketing baru Anda dengar, karenanya saya selalu bilang 3-7 hari adalah waktu optimal untuk membiasakan diri dengan email marketing.

Tapi ada poin penting yang ingin saya sampaikan pada email ini adalah:

Kata siapa email marketing itu sulit? Mudah kok.

Berikut adalah cara termudah untuk Anda supaya mahir email marketing dalam waktu singkat.

Pertama ingat hukum pareto 80/20.

Dari pengalaman saya sebagian dari Anda yang merasa kesulitan atau bingung biasanya dikarenakan terlalu terburu-buru untuk mempelajari semuanya.

Karenanya saran dari saya jangan Anda pelajari semuanya, fokuslah kepada 20% yang berpengaruh terhadap 80% aktifitas email marketing Anda.

Apa saja itu?

Email marketing pada dasarnya hanya memiliki 4 fitur utama:

  1. List
  2. Formulir / Opt-in Form
  3. Autoresponder
  4. Broadcast

Dengan memahami fungsi dan alur dari ke 4 fitur ini maka email marketing akan jauh lebih mudah dari yang Anda bayangkan sebelumnya.

Apapun fitur tambahan lain seperti automation, lead generation, ujung-ujungnya tetap akan kembali ke 4 fitur diatas.

Bahkan untuk sebagian orang hanya membutuhkan 2 fitur saja dari ke 4 poin diatas.

Jadi jangan pelajari semuanya, mulai dari 4 fitur diatas.

_____

Kedua adalah mulai dari apa yang Anda butuhkan dalam bisnis.

Seperti yang saya katakan diatas bahwa terkadang bahkan Anda tidak membutuhkan ke 4 fitur diatas, terkadang Anda hanya butuh 2 atau 3 fitur saja, semua kembali kepada kebutuhan bisnis Anda.

Misal Anda sudah punya data pelanggan sebelumnya dan Anda ingin tawarkan produk baru dari bisnis Anda, maka Anda hanya butuh 2 fitur List dan Broadcast

Misal lagi Anda ingin kirimkan 7 email edukasi setiap hari maka yang Anda butuhkan 3 fitur, List, Opt in form dan Autoresponder.

Lalu bagaimana jika Anda belum punya database email?

Ada 2 cara yang saya rekomendasikan:

  1. Usahakan untuk mengambil database email dari setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda.
  2. Berikan lead magnet atau nilai tukar on uang untuk ditukar dengan alamat email.

Di KIRIM.EMAIL sendiri sudah ada kursus yang akan membimbing Anda bagaimana cara mendapatkan 1000 alamat email pertama bernama Conversion Masterplan.

Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara cepat mendapatkan alamat email pelanggan menggunakan Facebook Lead Ads.

Yang pada intinya tetap menggunakan 4 fitur dasar email marketing diatas.

Penasaran seperti apa caranya? Buat akun Anda sekarang juga.

Coba gratis 7 hari disini

Jika masih ada yang ingin Anda tanyakan silakan balas email ini atau hubungi kami di support@kirim.email

Selamat belajar, selamat ngemail!

 

Dion Arfan

Komentar