Bismillah…
Bicara mengenai bisnis tentu tidak terhindar dari yang namanya kompetisi/ persaingan.
Sebelum akhirnya memonopoli pasar, perusahaan-perusahaan raksasa sekarang pun mengalami kompetisi/ persaingan pada awal kemunculannya.
Contohnya:
- Google berkompetisi dengan AltaVista & Excite
- Facebook berkompetisi dengan MySpace & Orkut
- Bahkan Apple juga berkompetisi dengan HP & IBM pada mulanya.
Tentunya dimana ada kompetisi/ persaingan, akan ada perang harga.
Lalu bagaimana sikap kita mengatasi perang harga?
Haruskah terlibat?
Apakah dengan menurunkan harga menjadi solusi?
Anda bisa baca tulisan seorang Rico Huang mengenai perang harga, bagus banget.
Pada intinya, tidak akan ada yang menang dalam perang harga.
Grant Cardone dalam bukunya Sell or be Sold menyebutkan:
Masalahnya nyaris tidak pernah soal harga, tapi cinta!
Dengan menurunkan harga justru malah membuat kita rugi, bisnis jadi tidak sehat, produknya jadi hina, konsumen tidak dapat value yang bagus.
Mengatasi perang harga:
Value harus bagus.
Ini sangat fundamental, karena esensinya bisnis itu pertukaran value. Dan produk hanyalah salah satu dari value tersebut.
Bukan satu-satunya.
Yang perlu Anda catat adalah:
Bisnis tidak pernah menjual hanya produk.
Mungkin Anda pernah merasakan suka terhadap suatu produk hanya karena pelayanannya yang bagus padahal produknya biasa-biasa aja, ini juga termasuk dari value bisnis.
Traffic & aset
Kuasai bagaimana cara mendatangkan pengunjung lalu rubah menjadi pembeli dan bangun aset online seperti data pembeli.
Dengan data pembeli Anda bisa menentukan sendiri produk apa yang harus Anda jual kepada mereka tanpa harus terlibat dalam perang harga.
Saya petik kata-katanya Steve Blank :
Produk yang bagus adalah yang LAHIR DARI PASAR.
Hindari lokasi perang harga.
Berjualan di marketplace adalah salah satu contoh dimana Anda masuk wilayah perang harga, pembeli di marketplace cenderung membanding-bandingkan produk Anda dengan produk orang lain apalagi kalau produknya memang sejenis.
Berjualan di marketplace bukanlah sebuah kesalahan.
Marketplace adalah solusi, untuk memulai dan untuk cashflow, tapi TIDAK untuk membesarkan merek.
Apalagi yang mereknya baru mulai, lalu dananya terbatas.
Karenanya KIRIM.EMAIL menghadirkan solusinya bagimana Anda tetap berjualan di marketplace namun Anda juga bisa membangun merek Anda dengan perlahan
Klik disini untuk melihat caranya:
https://kirim.email/marketplace
Perang harga hanya akan mengikis cash Anda pelan-pelan, tanpa cash Anda akan kesulitan melahirkan produk dan value yang bagus.
Jadi hindari perang harga, bangun value Anda sekarang juga!
https://kirim.email/marketplace
Semoga bermanfaat!
Dion Arfan.

Komentar
Posting Komentar