Bismillah….
Sampai hari ini saya masih menyimpan hasil screenshot dari status facebook salah seorang pebisnis online perempuan yang keren seperti dibawah ini:
Kalau Anda kurang jelas dari gambar diatas saya coba tulis ulang status facebooknya :)
Tips fb ads untk olshop ala emak emak
Jika jualan kita banyak jenisnya tapi masih satu niche, buat aja iklan utk produk yg paling diminati, dengan harga rata2, gak perlu produk yg paling mahal yg diiklankan.
Ini hanya sebagai pintu masuk calon customer.
Arahkan untuk add kontak kita baik bbm, wa, sms atau line.
Setelah calon customer masuk ke kontak list kita, disinilah saatnya kita "menggoreng emosi" calon customer dengan menawarkan produk2 sejenis yg berkaitan.
Disini kemampuan CS yg mumpuni sangat diperlukan.
Contoh kasus:
Awalnya customer add kontak kita krn tertarik dengan produk yg kita iklankan, misal produknya body lotion.
Setelah panjang lebar si customer ini setuju beli body lotion tersebut.
Kemudian kita tawarkan produk utk perawatan rambut, paket perawatan wajah, diet, lips dsb.
Dengan tawaran free ongkir atau hemat ongkir krn beli bnyk macem tapi cuma satu ongkir, akhirnya si customer ini deal membeli body lotion dan paket perawatan wajah.
Dari yg awalnya hanya mau beli satu akhirnya dengan senang hati membeli sejumlah 3x lipat. Simple
Semoga menginspirasi :)
Disadari atau tidak, cara diatas merupakan sebuah cara bagaimana merubah pengunjung menjadi pembeli yang sangat sederhana sekali dan bisa diaplikasikan oleh pebisnis pemula.
Cara merubah pengunjung menjadi pembeli seperti diatas biasa disebut dengan sales funnel.
Terkadang tanpa disadari mungkin selama ini Anda pun sudah menggunakan sales funnel.
Baik cara sederhana seperti status facebook diatas atau cara yang kompleks seperti apa yang dilakukan oleh marketplace besar.
Namun sayang sekali masih banyak para pebisnis online yang tidak mengoptimasi proses ini secara optimal, karena di jaman sekarang tidak ada lagi bisnis yang sepi.
Yang ada kurang promosi atau cara promosinya yang salah.
Kalau bisnis Anda kurang pengunjung Anda tinggal beriklan maka akan ramai lagi.
Namun dari ramai merubahnya menjadi pembeli adalah 2 hal yang berbeda.
Karenanya sales funnel yang tepat sangat dibutuhkan.
Ada banyak sekali cara bagaimana merubah pengunjung menjadi pembeli.
Cerita diatas beliau merubah pengunjung menjadi pembeli menggunakan produk penetrasi atau produk yang premium namun harganya murah, sehingga orang merasakan dulu kualitas produk kita sehingga menjual kembali produk yang lebih mahal dikemudian hari menjadi lebih mudah.
Untuk produk digital sering menggunakan free trial atau ujicoba gratis beberapa hari.
Selain itu bisa juga memberikan voucher diskon untuk produk-produk tertentu.
Namun membuat voucher diskon tidaklah mudah, setidaknya Anda harus mempunyai sebuah website kemudian Anda install plugin-plugin tertentu yang jelas harganya tidak murah.
Cara lain Anda bisa membuat platformnya sendiri dengan menyewa seorang developer tentunya paling tidak Anda harus mengerti kode-kode dasar html untuk mengoperasikannya, tentu tidak mudah untuk sebagian orang.
Karenanya KIRIM.EMAIL mempunyai solusinya untuk itu semua, Anda tidak harus mempunyai website dan tidak harus mengerti kode-kode html hanya untuk membuat sebuah voucher diskon.
Cukup menggunakan fitur yang InsyaAllah akan dirilis besok 4 Desember 2018 tepat jam 10 pagi, yaitu:
Voucher dari KIRIM.EMAIL
Bagaimana voucher membantu Anda?
- Menarik pembeli baru jadi lebih mudah dengan promo diskon.
- Membantu Anda menjual sisa stok barang yang mungkin sudah lama menumpuk.
- Bisa dioperasikan tanpa menggunakan website
- Tidak perlu repot mikirin server, domain, hosting
- Dan masih banyak lagi
Join waitinglistnya disini:
https://kirim.email/waiting-list-voucher/
Sebelum launching saya akan mengirimkan email seperti ini lagi sebagai pengingat untuk Anda.
Jangan lupa pasang alarm.
Dion Arfan.


Komentar
Posting Komentar