Bismillah…
Pada prinsipnya dalam berbisnis Anda bisa menjual apapun kepada siapapun selama Anda tahu caranya.
Guru saya selalu bilang:
“Tidak ada produk yang tidak laku, yang ada hanyalah produk yang dipasarkan secara salah”.
Pernah tahu atau mendengar Pet Rock?

“Pet Rock” adalah salah satu bukti bahwa produk yang pada dasarnya tidak masuk diakal bisa dijual, bisa laku keras bahkan hasilkan omset yang fantastis.
Untuk Anda yang belum tahu, “Pet Rock” adalah sebuah batu yang dijadikan sebagai peliharaan.
Gary Ross Dahl penggagas “Pet Rock” adalah seorang copywriter iklan yang mendadak menjadi jutawan setelah berhasil menjual batu menjadi peliharaan.
Lucunya Gary juga menambahkan buku panduan di dalam paketnya yang berisi tata cara memelihara batu tersebut. Hahahaha....
Menurut ABC News, Gary berhasil menjual 1.5 juta unit “Pet Rock” dengan harga $3,95 kurang dari 6 bulan.
Itu artinya omset yang dihasilkan dari penjualan “Pet Rock” adalah sekitar 6 Juta Dollar dan konon profit persih yang didapatkan Gary berkisar diangka 1 juta dollar lebih.
Sebagai pebisnis yang kritis, tentunya muncul sebuah pertanyaan.
Kenapa bisa?
Karena Gary tahu persis harus menjualnya kepada siapa.
Mengapa mengetahui target market menjadi begitu penting?
“Karena disaat Anda mentarget semua orang, disitulah Anda tidak mentarget siapapun.
Disaat Anda berusaha menjual kepada semua orang maka disitulah Anda tidak menjual kepada siapapun”.
Lebih dari itu Anda harus bisa mensegmentasi pasar Anda.
Kenapa Anda harus mensegmentasi pasar?
- Menyesuaikan bahasa/komunikasi dalam penawaran dengan selera atau perilaku pasar.
- Anda bisa menawarkan produk yang tepat kepada orang yang tepat dalam waktu yang tepat.
- Menghemat biaya iklan karena Anda bisa meminimalisir orang yang tidak tertarik dengan produk Anda.
- Membuat Anda lebih memahami keinginan pembeli.
- Konsumen jadi mengerti apa yang harus mereka beli dan kenapa mereka harus membeli.
Dalam bisnis online untuk mencapai kelima hal diatas dapat Anda lakukan menggunakan pixel atau email marketing.
Jadi kalau saat ini Anda masih belum menggunakan salah satu dari keduanya, Anda belum benar-benar berkomunikasi denan pelanggan Anda.
Maksudnya Anda tidak bisa membedakan mana yang sudah mengenal bisnis Anda, mana yang belum.
KIRIM.EMAIL saat ini sudah bisa mendukung kedua hal diatas, dimana setiap orang yang membuka penawaran Anda di email maka pixelnya akan langsung terekam.
Dengan begitu Anda juga bisa mentarget orang yang membuka email menjadi custom audience di facebook.
Mulai segmentasi pasar Anda sekarang juga, gunakan:
https://kirim.email/
Sebagai sarana Anda mensegmentasi pasar.
Semoga bermanfaat.
Dion Arfan.

Komentar
Posting Komentar