Kombinasi email dan media sosial

Bismillah…

Jika mendengar kata email marketing tidak sedikit yang berfikir bahwa seseorang harus punya website dulu baru bisa pakai email marketing. 

Apakah Anda juga pernah berfikir hal yang sama?

Jawabannya adalah benar, namun tidak sepenuhnya benar.

Mungkin lebih tepatnya adalah akan jauh lebih baik jika Anda mempunyai sebuah website.

Namun bukan berarti tidak punya website tidak bisa pakai email marketing.

Pada email kali ini secara khusus kita akan bahas tentang studi kasus mengenai kombinasi email marketing untuk toko online di Instagram atau Facebook.

Tujuan dari email ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa email marketing itu bisa Anda terapkan dimana saja.

Sehingga cocok untuk Anda yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis online dan belum punya database email.

Studi kasus ini datang dari salah satu pengguna di KIRIM.EMAIL yaitu Flanelshop Indonesia di flanelshop.com.

Sebuah toko online yang khusus menjual kain flanel dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kreasinya.

____

Apa saja yang dilakukannya sehingga membuat saya tertarik untuk memberikan tekniknya kepada Anda?

Yang dilakukan Flanelshop Indonesia sebenarnya sangatlah sederhana dan Anda pun bisa mengikutinya.

Berikut adalah cara-caranya:

Membuat Lead Magnet.

Untuk Anda yang belum tahu lead magnet.

Lead Magnet adalah sebuah nilai tukar non uang.

Pada intinya sesuatu yang bermanfaat untuk Anda berikan secara gratis kepada calon pelanggan Anda dengan tujuan untuk ditukarkan dengan alamat email.

Pada kasus ini Flanelshop Indonesia menjadikan pola gratis sebagai lead magnetnya.​​​​​​​

Buat Squeze Page

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat Squeze Page atau landing page berisi formulir untuk menjaring alamat email. 

Diawal saya sudah bilang bahwa untuk studi kasus ini tidak menggunakan website.

Betul sekali, Flanelshop Indonesia menggunakan layanan landing page builder dari KIRIM.EMAIL.

Dengan fitur ini Anda bisa membuat landing page yang cantik tanpa harus mempunyai website, tanpa domain dan tanpa hosting juga.

Asik bukan?​​​​​​​

Buat URL mudah diakses dengan short URL

Setelah landing pagenya sudah jadi selanjutnya adalah membuat url baru dengan aplikasi short url seperti bit.ly atau goo.gl.

Tujuannya adalah untuk memperpendek link url supaya mudah dihafalkan dan utamanya untuk menyembunyikan url aslinya.​​​​​​​

Posting & promosikan di Facebook atau Instagram

Untuk Facebook mungkin sudah banyak yang tahu cara ini.

Seperti halnya buat status, Anda tinggal share lead magnet Anda beserta link halaman untuk mendowloadnya. Selesai. 

Karena secara default Facebook bisa mengenerate link yang kita bagikan di sana.

Namun berbeda dengan Instagram, satu-satunya cara untuk menempatkan link adalah dibagian pengaturan profilenya atau di bio seperti pada gambar diatas.

Namun jika sudah punya 10ribu followers Anda bisa gunakan fitur swipe up pada instagram stories Anda.

Selesai!

Sangat mudah bukan?

Saking mudahnya Anda juga bisa langsung praktek hari ini juga.

KLIK DISINI untuk mencoba

Selamat mencoba.

Dion Arfan.

Komentar