3 alasan pembeli tidak mau kembali

Bismillah…

Bisnis mana yang tidak ingin terjadi repeat order?

Tentunya semua bisnis terutama retail sangat mengharapkan repeat order/ pembelian berulang itu terjadi.

Sederhananya, repeat order = profit nambah.

Dan untuk menciptakan repeat order/ pembelian berulang adalah dengan menjual kembali kepada pelanggan lama Anda, atau orang yang sudah pernah bertransaksi dengan Anda.

Guru saya pernah bilang:

Menjual kembali kepada orang yang sudah pernah bertransaksi dengan kita biasanya akan jauh lebih mudah dibanding dengan kita mencari pembeli baru.

Dan ini benar-benar terjadi dan sudah sering kami rasakan di KIRIM.EMAIL.

Namun, disisi lain setelah saya bicara begini, ada beberapa orang tidak setuju.

Setelah saya cukup banyak diskusi, ternyata ada alasan mengapa orang yang sudah pernah bertransaksi dengan kita sampai tidak kepikiran untuk mau membeli lagi terhadap kita.

Bahkan inget aja belum tentu.

Berikut adalah alasan mengapa pembeli tidak mau kembali lagi.

1. Produk/ Layanan kurang memuaskan/ tidak menjadi solusi.

Ini adalah alasan terbesar seseorang tidak membeli kembali kepada Anda lagi.

Seperti yang kita tahu bahwa berbisnis adalah tentang menyediakan solusi.

Dan pembeli memiliki ekspektasi sendiri akan produk Anda, karenanya persepsi pembeli lebih menentukan daripada kenyataan bagus atau tidaknya produk Anda.

Solusinya:

Jika produk Anda sudah memiliki perubahan saat ini, atau sudah Anda perbaiki dari versi-versi awal produk Anda dulu, maka ini saatnya Anda mencoba untuk mempromosikannya sekali lagi ke orang yang sama.

Semakin lama Anda menjalankan bisnis, Anda akan semakin lihai mengembangkan produk Anda, bisa jadi saat ini kemasannya sudah jauh berbeda dibanding dulu sang pembeli Anda membelinya pertama kali.

Ini sudah sering terjadi di KIRIM.EMAIL dimana saat versi 1 dari KIRIM.EMAIL di 2016 lalu dimana aplikasinya masih sangat menantang sekali untuk digunakan.

Kini dengan versi 3 tampilannya jauh lebih mudah, ditambah lagi kita terus kembangkan fitur-fitur pembantu setiap harinya agar prosesnya jadi lebih mudah lagi.

Darisini banyak dari pengguna yang enggan menggunakan kembali KIRIM.EMAIL di versi 1 lalu kembali menggunakan KIRIM.EMAIL di versi 3 sekarang bahkan menjadi pelanggan yang loyal.

2. Anda/ Bisnis Anda tidak disukai.

80% pembeli membeli lagi hanya karena mereka suka dengan penjualnya, bukan hanya karena produknya.

Ini dengan catatan bahwa produk Anda memang sudah layak jual.

Bisa jadi seseorang tidak membeli lagi karena pelayanan dalam bisnis Anda kurang ramah, atau tidak meminta maaf dan bertanggung jawab saat ada kesalahan.

Solusi:

Sulit sekali mengukur karakter yang disukai, saat orang melihatnya, seseorang akan langsung merasakan apakah ia menyukai penjual itu atau tidak.

Mayoritas komunikasi online terjadi dalam bentuk teks.

Karenanya terus berinovasi juga dari segi pelayanan bukan hanya produk, mungkin bisa jadi produk Anda sudah bagus.

Bangun juga budaya perusahaan yang hangat dan memiliki jiwa memiliki perusahaan yang tinggi.

Dengan begitu tim Anda akan dengan senang hati belajar dan membantu semua pelanggan Anda.

Budaya perusahaan yang hangat didalam akan terasa sampai keluar, dan akhirnya ke pembeli.

Ini juga yang terus kami lakukan perbaikan dari waktu ke waktu di KIRIM.EMAIL.

3. Pembeli Anda tidak tahu.

Dan, faktor terakhir dan juga sangat banyak terjadi di lapangan adalah, sangat sepele sebenarnya, namun sangat penting.

Pembeli Anda tidak tahu.

Mereka lupa pernah bertransaksi kepada Anda.

Mereka tidak tahu kalau Anda punya produk baru, mungkin kalau mereka tahu mereka akan beli.

Tapi mereka tidak tahu.​​​​​​​

Solusi:

Inilah penting nya membangun database pembeli Anda. 

Di KIRIM.EMAIL, ketika kami memiliki produk baru, atau meluncurkan sesuatu yang baru, yang pertama kami beri kabar adalah orang-orang yang sudah pernah membeli dengan kami sebelumnya terlebih dahulu.

Dan biasanya 70-80% transaksi terjadi oleh pelanggan-pelanggan setia ini.

Selain itu agar nama Anda selalu muncul dibenak pelanggan, perlu ada salah satu ciri khas.

Salah satunya adalah dengan menggunakan nama bisnis Anda pada setiap email yang Anda kirimkan.

Sehingga orang tidak bingung harus kemana menghubungi Anda.

Dan di KIRIM.EMAIL kami membantu Anda mempermudah proses tersebut dengan layanan:

https://emailkerja.id/

Sebuah layanan baru dari KIRIM.EMAIL yang dapat membantu Anda membuat alamat email dengan domain bisnis Anda sendiri.

Tentunya tanpa dipusingkan dengan perihal server dan setingan yang rumit.

Dengan begini paling tidak Anda bisa menanamkan keberadaan bisnis Anda di benak para pelanggan setiap Anda mengirimkan sebuah penawaran.

Prosesnya juga mudah sehingga Anda bisa lebih fokus terhadap bisnis Anda bukan terhadap hal teknis.

KLIK DISINI untuk mencoba Emailkerja

Kabar baiknya selama periode launching sampai dengan 5 Maret 2019 ada potongan diskon khusus sebesar 33.33% untuk Anda.

Manfaatkan sekarang juga!

 

Dion Arfan.

Komentar