Iklan bagus belum juga dapet pembeli?

Bismillah…

Siapa yang tidak ingin bisnisnya di datangi banyak pengunjung?

Di zaman now, semenjak media sosial mengambil alih sebagian besar kesibukan para millenials, mempromosikan bisnis Anda bukanlah menjadi hal yang sulit.

Terlepas bisnis Anda online atau offline.

Untuk Anda yang bisnisnya offline bisa mencoba beriklan melalui para influencer di instagram atau media sosial lainya.

Hasilnya tidak sedikit yang membuktikan bahwa dalam sekejap keesokan harinya di datangi banyak pengunjung.

Apalagi untuk bisnis Anda yang memang berbasis online atau pada dasarnya punya website/ toko online.

Membeli traffic sudah seperti komoditas, contohnya ketika Anda ingin 1000 orang datang ke toko online Anda?

Cukup dengan bayar Facebook Ads Anda sudah bisa mendatangkan 1000 orang yang spesifik yang memang punya ketertarikan dengan bisnis Anda.

Namun tentu saja pada realitanya tidak semua iklan langsung serta-merta menghasilkan penjualan, apalagi kalau bisnis Anda baru mulai.

Perlu sebuah tahapan dari orang yang awalnya masih asing dengan bisnis Anda, kemudian mulai mengenal bisnis Anda, sampai akhirnya membeli.

Tahapan ini biasa di sebut dengan Sistem Penjualan/ Sales Funnel

Namun pertanyaannya, kapan seseorang akan membeli setelah melihat iklan kita?

Saya menemukan artikel menarik yang berisi sebuah riset dari thefinancialbrand.com yang isinya menjawab pertanyaan kurang lebih seperti:

“Berapa kali sebenarnya iklan tayang kepada calon pembeli sampai akhirnya mereka membeli?”

 Dibawah ini adalah sebuah tahapan dari risetnya:

  1. Pertama kali orang melihat iklan, mereka seperti tidak melihatnya.
  2. Kedua kalinya, mereka tidak menyadarinya.
  3. Ketiga kalinya, mereka mulai menyadari adanya produk Anda
  4. Kali ke-4, mereka memiliki perasaan sekilas bahwa mereka telah melihatnya sebelumnya.
  5. Kali ke-5, mereka baru mulai benar-benar membaca iklan.
  6. Kali ke-6, mereka sedikit kesal.
  7. Ke-7 kalinya, mereka berpikir, "Ini iklan yang membingungkan lagi."
  8. Ke-8 kalinya, mereka mulai bertanya kepada teman atau tetangga apakah sudah mencobanya.
  9. Ke-9 kalinya, mereka bertanya-tanya bagaimana perusahaan membayar semua iklan ini.
  10. Ke-10 kalinya, mereka mulai berpikir bahwa itu pasti produk yang bagus.
  11. Ke-11 kalinya, mereka mulai merasa produk tersebut memiliki nilai.
  12. Ke-12 kalinya, mereka mulai merasa seperti mereka menginginkan produk seperti ini untuk waktu yang lama.
  13. Ke-13 kalinya, mereka menerima kenyataan bahwa mereka akan membelinya suatu saat nanti.
  14. Ke-14 kalinya, mereka membuat komitmen untuk membeli produk.
  15. Ke-15 kalinya, mereka menghitung uang mereka dengan sangat hati-hati.
  16. Prospek ke-16 kali melihat iklan, mereka membeli apa yang ditawarkan

Tetapi yang jelas tidak pernah ada angka pasti dalam beriklan.

Anda harus melakukan ujicoba atau dalam bahasa marketingnya "Split Testing" dari setiap angle/ sudut pandang iklan Anda.. 

Tidak jarang juga setelah orang lihat 3-4 kali sudah terjadi pembelian.

Bahkan jika Anda memang sudah handal dalam mentarget orang yang tepat kemudian produk Anda memang menjawab dari masalah yang calon pembeli.

Mungkin bisa jadi dalam sekali lihat orang bisa langsung beli.

Pertanyaanya, darimana Anda tahu bahwa Anda bisa mentarget orang yang tepat?

Jawabannya adalah dengan teknik Value Proposition atau bahasa mudahnya menggali alasan mengapa seseorang harus membeli produk Anda.

Di kelas:

Super Sales Funnel

Value Proposition akan menjadi 1 modul khusus, dimana didalamnya Anda akan belajar beberapa hal mendasar yang sangat penting, diantaranya:

  1. Menggali benefit dari produk Anda.
  2. Menggali alasan mengapa orang harus membeli produk Anda?
  3. Menggali alasan mengapa harus memilih Anda dibanding kompetitor?
  4. Menggali value/ nilai dari produk Anda.
  5. Apakah produk Anda menjadi solusi untuk mereka?
  6. Menggali masalah yang dihadapi oleh calon pembeli Anda.
  7. Dan tentunya masih banyak lagi.

Value proposition beperan besar dalam tercipta sebuah sistem penjualan yang tepat untuk bisnis Anda.

Daftar sekarang juga karena kelas akan di tutup pendaftarannya dalam 4 hari kedepan:.

KLIK DISINI untuk mendaftar

Sampai ketemu di kelas Super Sales Funnel.

 

Dion Arfan.

Komentar