Media Marketing Terbaik

Bismillah…

Sebelum kita bahas apa itu marketing, kita perlu tahu dulu bahwa sebagian pebisnis terkadang membandingkan antara sales/ jualan dengan marketing atau pemasaran.

Sales/ jualan menurut saya merupakan bagian dari marketing sedangkan marketing/ pemasaran ini lebih luas lagi, atau lebih ke strategi

Jika kita pelajari standard baku, mungkin Anda pernah mendengar kalau marketing bisa di bagi menjadi 4 bagian, sering juga disebut dengan rumus 4P:

  1. Product
  2. Price ( Harga )
  3. Place ( Tempat atau Lokasi )
  4. Promotion ( Promosi )

Namun dengan adanya internet konsep marketing menjadi lebih luas lagi, karena place atau lokasi untuk sebagian bisnis menjadi sebuah kebutuhan yang tidak mendesak lagi.

Apapun bentuknya hasil akhir dari marketing adalah bagaimana produk kita bisa banyak digunakan atau dikonsumsi banyak orang.

Dari yang saya pelajari dari para guru-guru saya bahwa marketing bermula dari siapa target market kita baru kemudian kita tentukan produk apa yang cocok untuk mereka.

Seth Godin juga pernah bilang dalam salah satu bukunya:

“Dont find customers for your products, find your products for your customers.”

Dalam terjemahan nya kurang lebih:

“Jangan mencari pelanggan untuk produk-produk Anda, melainkan cari produk-produk yang tepat untuk pelanggan Anda.”

Itu artinya Seth Godin mencoba untuk menjelaskan bahwa ketika berbisnis, mulailah dari mencari siapa target market Anda, kenali siapa mereka, apa masalah mereka kemudian buat produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Kalau guru saya mas Jaya Setiabudi menganalogikan dalam bukunya Buka Langsung Laris dengan sebutan “Bidik Pasar Potensial.”

Setelah ketemu antara target market dan produk cocok baru Anda gunakan media-media untuk mengenalkan produk Anda terhadap market.

Dengan internet banyak sekali media yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada target market yang spesifik.

Mulai dari cara berbayar seperti google ads, facebook ads, instagram ads sampai metode gratisan seperti SEO untuk Anda yang mempunyai website.

Setelah orang mengenal produk Anda sampai akhirnya membeli, tugas Anda yang terakhir adalah bagaimana membuat mereka kembali membeli produk Anda.

Jadi kalau diurut alur marketing itu seperti ini:

  1. Cari siapa target market Anda
  2. Buat produk yang cocok untuk target market.
  3. Kenalkan produk Anda kepada target market (promosi)
  4. Rubah setiap pengunjung menjadi pembeli.
  5. Buat setiap pembeli membeli lagi.

Poin ke 5 ini cukup menarik, kenapa?

Selain kualitas pelayanan yang terbaik, media marketing terbaik menurut saya untuk membuat orang kembali lagi adalah PRODUK Anda itu sendiri.

Kenapa?

Sepandai apapun Anda menjual, secantik apapun Anda merangkai kata agar orang tertarik menjadi pembeli namun jika produk yang dikonsumsi oleh pembeli jauh dari ekspektasi mereka maka Anda hanya seperti mencari korban bukan mencari pembeli potensial.

Sedangkan jika produk Anda memang bagus, berkualitas atau paling tidak memberikan solusi dari target market Anda, meskipun Anda kurang terlalu jago dalam promosi orang akan cenderung kembali lagi tanpa butuh effort atau usaha yang keras.

Kevin Systrom salah satu pendiri Instagram pernah bilang di salah satu videonya:

“Great product will sell themselves, because word will spread like wildfire."

Kalau dalam terjemahan kurang lebih:

“Produk yang bagus akan menjual dirinya sendiri, karena word (promosi mulut ke mulut) akan menyebar dengan cepat seperti kebakaran hutan.”

Contohnya, hal ini pernah terjadi kepada saya ketika mengunjungi Kota Solo beberapa waktu lalu.

Untuk Anda orang solo atau pernah mengunjungi kota solo pasti tahu warung makan kecil bernama “Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer”.

Tengkleng Bu Edi bisa menjual 7 panci besar tengkleng hanya dalam waktu 4 jam, buka jam 12.00 siang dan habis sebelum jam 16.00.

Saya yang datang sekitar jam 11.00 siang waktu itu sudah mendapat antrian yang cukup panjang.

Setelah saya tanya orang-orang yang ngantri disana, banyak turis-turis lokal dari luar solo, dan setelah saya iseng tanya tahu darimana tempat ini, hampir kebanyakan tahu dari teman atau kerabatnya yang pernah datang ke solo.

Sebagian yang lain adalah hasil rekomendasi para foodblogger di internet termasuk saya.

Dari sini bisa kita pelajari bahwa produk yang bagus akan menjual dirinya sendiri.

Produk yang bagus tentunya tidak langsung lahir begitu saja, semua ada prosesnya Anda bisa perbaiki waktu ke waktu.

Terima saran dan kritik dari pembeli Anda sebelumnya, jalin kedekatan dengan mereka.

Hal ini juga kami lakukan di KIRIM.EMAIL dengan terus memperbaiki pelayanan dan produk kami agar dapat membantu lebih banyak pebisnis online di Indonesia seperti Anda. 

Jadi sudah sebaik apa produk Anda dimata konsumen hari ini?

____

Untuk mempelajari bagaimana mengenalkan produk Anda dengan mudah kepada target market menggunakan produk penetrasi.

Anda bisa pelajari Kursus Kickstart Bisnis Online dari mas Fikry Fatullah.

Seperti biasa kursus tersebut bisa Anda akses gratis hanya dengan memiliki akun gratis di KIRIM.EMAIL.

Karenanya buat akun Anda sekarang:

https://kirim.email/

Semoga bermanfaat..

 

-Dion Arfan

Komentar