Pake Facebook Ads saja cukup kok. Yakin?

Bismillah,

Beberapa hari ini Saya cukup sering menerima pertanyaan mengenai membangun & mengolah database.

Manfaat real nya apa sih mas? Kan kalau potensi penjualan masih "Ghoib" belum tentu data yang mas kasih juga berlaku di bisnis Saya.

Sayangnya Saya harus mengatakan benar terhadap pernyataan tersebut, tapi apakah manfaat membangun dan mengolah database hanya untuk itu? Tentu saja tidak.

Di bisnis Saya yang terdahulu, kami membangun database bertujuan jika saat ada promo, kami akan dapat dengan mudah menghubungi pelanggan kami, baik berupa alamat email, nomor HP, followers instagram, followers Line@ dan media sosial lainnya.

Tapi, sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama, karena bisnis tersebut tutup dan terjadi hal yang kurang mengenakkan.

Mulai membangun database pembeli Anda sekarang!

Lalu, pelajaran apa yang saya dapatkan dari pengalaman tersebut? Mungkin benar, database email atau apapun itu tidak akan dapat menjamin seperti apa bisnis kita di saat ini, atau kedepannya.

Namun, pelajaran terbesar Saya adalah. Jangan menunda untuk mengumpulkan database pelanggan, selagi ada waktu bisnis tersebut berjalan.

Tapi, jika saat ini Saya memulai bisnis kembali, baik itu bisnis yang sama, maupun bisnis yang baru. Saya tidak memulai dari angka 0 kembali. Bukan pengalaman berbisnis yang Saya maksud disini.

Tapi Saya dapat memulai dengan menghubungi pelanggan yang telah bertransaksi, yang telah mengeluarkan uangnya untuk membeli produk, dan mungkin dia adalah pelanggan loyal Saya di bisnis sebelumnya.

Artinya, Saya dapat memulai dengan orang yang memang membutuhkan produk Saya, tidak hanya membutuhkan tapi terbukti dia mampu membayarnya.

Jika Saya memulai kembali bisnis dengan produk yang sama, maka tidak perlu lagi mengedukasi dan menyadarkan pelanggan tersebut bahwa dia membutuhkannya,

Jika saya memulai bisnis dan produk yang baru, saya bisa menggali kepada mereka masalah apa yang dapat saya bantu selesaikan. Cukup adil bukan?

Jika saat ini sumber traffic Anda sedang bagus bagusnya, pembeli banyak berdatangan, atau bahkan pembeli datang tanpa Anda melakukan promosi. Saya boleh bilang ini adalah saat yang paling tepat untuk Anda mendapatkan database email pelanggan Anda, yang telah membeli, yang telah percaya kepada Anda, untuk Anda datangkan kembali di masa yang akan datang.

Mulai membangun database pembeli Anda sekarang!

Ingin mengobrol lebih jauh seputar memulai membangun database pelanggan Anda dengan email marketing? Silahkan jawab email ini dengan pertanyaan Anda.

Saya tunggu pertanyaan Anda, terimakasih,

-- Nuril R. Rasyid

Komentar