Strategi Bikin Followers Naik 2x Lipat (Part 2/3)

image

Hai Bisnis-Bisnis,

Naah kan saya kirim email lagi untuk lanjutin email yang kemarin. Btw, terimakasih karena udah mau ngikutin email ini daan terimakasih juga udah ngajuin pertanyaan yang harus saya jawab hihi.

Di email sebelumnya, saya ngebahas soal Q (QUALITY) dari prinsip Q.E.R.

Sekarang, kita bakal ngebahas E (ENGAGEMENT).

Tapi sebelum bahas lebih lanjut soal Engagement, saya mau ngejawab pertanyaan dari reply email sebelumnya. Begini salah satu pertanyaannya :

"Kak, bikin untuk konten, apa kita harus selalu buat sendiri, atau boleh repost konten orang yang kita remodel?"

Jawabannya adalah, bisa. Tapi inget, setiap kali Anda nge-repost konten yang sudah ada, pastikan Anda mencantumkan sumber darimana konten itu berasal dan tag akun tersebut.

Bahkan kalau bisa, Anda meminta izin dahulu sebelum memutuskan untuk me-repost sebuah konten. Pastikan isi kontennya sesuai dengan niche instagram Anda, yang berisi pesan yang dapat dimengerti followers Anda.

Kalau Anda merepost tanpa mencantumkan sumber, instagram bisa melihat ini sebagai tindakan menjiplak, dan melanggar hak cipta/copyright. Yang paling parah, akun Anda bisa di ban sementara, atau bahkan selamanya.

Itu lah jawaban yang saya bisa berikan. Saatnya sekarang kita masuk ke materi selanjutnya tentang engagement.

Setelah membuat konten yang berkualitas, apa sih yang dibutuhin lagi untuk menaikan followers 2x lipat agar mendapatkan faktor trust dari calon pembeli?

Engagement. Ini juga penting untuk menaikkan followers instagram bisnis Anda dan membangun trust dari calon pembeli.

image

Engagement ini adalah interaksi akun instagram Anda dengan akun instagram lainnya guna mendapatkan "perhatian mereka".

Nah Anda bisa lihat jumlah interaksi dari salah satu post saya. Profile visit hampir 40rb dan reachnya itu, sampai di angka 3,3 juta akun yang udah berhasil jangkau akun saya.

Dampaknya apa? ya dampaknya makin banyak yang reach akun saya, makin banyak juga calon followers yang datang ke akun saya. Inilah fungsi interaksi/engagement pada instagram.

Contoh interaksinya antara lain, Anda bisa memberi like, saling berbalas komen, follow akun akun yang seniche dengan Anda seperti di atas, atau cara apapun yang bisa memungkinkan akun Anda bisa berinteraksi dengan akun yang lain.

Di email sebelumnya, saya menyarankan Anda untuk memfollow top influence di niche Anda bermain. Tujuannya apa? tujuannya, top influencer di niche Anda pasti udah punya basis followers yang banyak dan selalu ramai postnya.

Anda bisa tinggalkan comment Anda disana. Tentunya komentar yang positif yang bisa berupa motivasi, atau mengutarakan pendapat Anda yang positif tentang postingan tersebut.

Jika comment yang Anda tulis banyak disukai orang, dan berhasil menjadi top comment, maka profile visits Anda pasti akan meningkat.

Dan jika Anda berhasil juga membuat konten yang menarik seperti di email sebelumnya, maka bukan gak mungkin, Anda akan mendapatkan followers baru dari sana.

Selain engage dengan akun top influencer, Anda juga harus engage dengan followers avatar Anda. Apa itu followers avatar? mereka adalah followers ideal bisnis Anda, yang akan menjadi pelanggan Anda.

Katakan lah Anda punya bisnis sepatu bola. Pasti followers avatar adalah para pecinta sepakbola yang lebih condong ke laki-laki. Setelah itu, cari dimana followers avatar Anda berkumpul.

Misalnya, akun PSSI pasti ngebahas soal sepak bola di Indonesia. Anda harus engage di komentar yang muncul di setiap postingan baru akun tersebut. Balas dengan cara yang positif atau sekedar likes komentarnya.

Jangan berjualan disana! karena mereka akan langsung tau tujuan Anda engage di komentar mereka. Bikin mereka penasaran lalu mengunjungi akun Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan perhatian dari followers akun tersebut dan lagi-lagi, jika konten Anda menarik, maka mereka akan memulai follow akun Anda.

Sekian dulu pembahasan tentang E (Engagement). Di email selanjutnya, saya akan ngebahas yang terakhir, yaitu R (Repeat). Jadi, jangan sampai ketinggalan.

Seperti sebelumnya, tinggalkan pertanyaan lagi ya! nanti akan saya jawab di email selanjutnyaa!!

Caww!!

Good Luck,
Rico Huang
Co-Founder Alona

P.S Jangan sampai ketinggalan email selanjutnya, karena email selanjutnya sangat penting dan membahas lanjutan email ini. Stay tune!

Jika Anda tidak ingin menerima email dari saya lagi, silahkan klik tombol unsubscribe di bawah ini

Unsubscribe

Alona Indonesia Nusaloka BSD City, Jalan Kalimantan, Blok F1 No.8, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15318 Indonesia

Komentar